Begini Cara memilih jenis asuransi jiwa yang tepat

Memilih jenis asuransi jiwa yang tepat dapat membingungkan, tetapi juga merupakan keputusan penting. Berikut adalah beberapa panduan yang dapat membantu Anda mempersempit pilihan asuransi jiwa terbaik Anda.

Pertimbangkan Asuransi Jiwa Berjangka Jika …

Anda memerlukan asuransi jiwa untuk jangka waktu tertentu. Asuransi jiwa berjangka memungkinkan Anda untuk mencocokkan durasi polis berjangka dengan durasi kebutuhan. Misalnya, jika Anda memiliki anak kecil dan Anda ingin memastikan ada dana untuk membiayai pendidikan perguruan tinggi mereka, Anda dapat membeli asuransi jiwa berjangka 20 tahun. Atau jika Anda ingin asuransi untuk melunasi utang yang akan dilunasi dalam jangka waktu tertentu, belilah polis berjangka untuk jangka waktu tersebut.

Anda membutuhkan sejumlah besar asuransi jiwa, tetapi Anda memiliki anggaran terbatas. Secara umum, jenis asuransi ini hanya membayar jika Anda meninggal selama masa polis, sehingga tingkat manfaat per seribu kematian lebih rendah daripada bentuk asuransi jiwa permanen. Jika Anda masih hidup pada akhir periode, pertanggungan berhenti kecuali polis diperbarui atau yang baru dibeli. Tidak seperti asuransi permanen, Anda biasanya tidak akan membangun modal dalam bentuk tabungan tunai.

Jika menurut Anda kebutuhan keuangan Anda mungkin berubah, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan kebijakan istilah “yang dapat diubah”. Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan ke asuransi permanen tanpa pemeriksaan medis dengan imbalan premi yang lebih tinggi.

Baca juga  Asuransi Jiwa Prudential: Rencana dan Review Komprehensif

Ingatlah bahwa premi lebih rendah ketika Anda masih muda dan meningkat dengan pembaruan seiring bertambahnya usia. Beberapa polis asuransi berjangka dapat diperbarui ketika polis berakhir, tetapi premi umumnya akan meningkat. Beberapa kebijakan memerlukan pemeriksaan kesehatan pada saat perpanjangan agar memenuhi syarat untuk tarif yang lebih rendah.

Pertimbangkan asuransi jiwa permanen jika …

Anda membutuhkan asuransi jiwa selama Anda hidup. Polis permanen membayar manfaat kematian apakah Anda meninggal besok atau hidup lebih dari 100 tahun.

Anda ingin mengumpulkan item tabungan yang akan tumbuh berdasarkan pajak tangguhan dan dapat menjadi sumber dana pinjaman untuk berbagai tujuan. Item tabungan dapat digunakan untuk membayar premi agar asuransi jiwa tetap berlaku jika Anda tidak mampu membelinya, atau dapat digunakan untuk tujuan lain yang Anda pilih. Anda dapat meminjam dana ini meskipun kredit Anda tidak stabil. Manfaat kematian adalah jaminan untuk pinjaman, dan jika Anda meninggal sebelum dilunasi, perusahaan asuransi mengumpulkan apa yang Anda berutang kepada perusahaan sebelum menentukan apa yang terutang kepada penerima manfaat Anda.

Perlu diingat bahwa premi untuk polis permanen umumnya lebih tinggi daripada untuk asuransi berjangka. Namun, premi pada polis permanen tetap sama tidak peduli berapa usia Anda, sementara jangka waktunya dapat meningkat secara substansial setiap kali Anda memperbaruinya.

Ada beberapa jenis polis asuransi permanen, seperti whole life (biasa), universal life, variable life, dan variable/universal life. Untuk detail selengkapnya, lihat artikel kami tentang jenis kebijakan tertentu.

Baca juga  Asuransi Jiwa Prudential: Rencana dan Review Komprehensif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *