Bagini Cara Cek Status Polis Asuransi Mobil dengan Mudah

Bagaimana cara memeriksa status asuransi mobil saya? Ayo Belajar.

Memiliki asuransi mobil sangat penting. Pertama-tama, asuransi pihak ketiga adalah wajib. Kedua, asuransi mobil memberikan lapisan perlindungan terhadap ketidakpastian jalan. Adalah penting bahwa semua pemegang polis memperhitungkan status asuransi mobil mereka. Setiap polis asuransi memiliki tanggal kedaluwarsa, sebagian besar harus diperbarui setiap tahun. Plus, kebijakan yang kedaluwarsa dapat menyebabkan hukuman yang berat. Oleh karena itu, pada titik tertentu, Anda mungkin ingin memeriksa status polis asuransi mobil Anda, menilai periode polis, memeriksa apakah mobil Anda masih diasuransikan, atau detail lain yang relevan. Ada berbagai cara untuk memeriksa status polis asuransi mobil Anda, baik secara online maupun offline.

Memeriksa status polis asuransi secara online

Berikut ini adalah cara Anda dapat memeriksa status polis asuransi mobil Anda secara online:

Opsi 1: Kantor Informasi Asuransi

Salah satu cara untuk mengecek status polis asuransi Anda secara online adalah melalui website IIB (Insurance Information Office). Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  • LANGKAH 1: Kunjungi situs web IIB.
  • LANGKAH 2: Masukkan detail kendaraan Anda saat diminta.
  • LANGKAH 3: Klik tombol “KIRIM”.
  • LANGKAH 4: Lihat detail kebijakan yang sekarang seharusnya tersedia untuk Anda. Jika tidak ada kebijakan yang berlaku saat ini, rincian kebijakan yang berlaku sebelumnya akan tersedia untuk dilihat.
  • LANGKAH 5: Jika Anda tidak dapat melihat informasi apa pun, coba cari berdasarkan nomor mesin kendaraan atau nomor sasis kendaraan.
Baca juga  Mitos Tentang Asuransi Mobil yang Hancur

Berikut adalah beberapa informasi penting yang perlu diingat tentang memeriksa status polis asuransi melalui IIB:

Rincian yang tersedia akan mencakup rincian polis asuransi hanya mulai 1 April 2010 dan seterusnya.
Polis harus berusia minimal 2 bulan untuk muncul di situs web IIB.
Untuk kendaraan baru, penyedia asuransi hanya mengirimkan IIB nomor mesin kendaraan dan nomor rangka kendaraan.

Opsi 2: Layanan elektronik VAHAN

Alternatif IIB saat mengecek status polis asuransi kendaraan Anda adalah dengan melakukan pengecekan melalui layanan elektronik VAHAN. Beri tahu kami langkah-langkah untuk melakukannya:

  • LANGKAH 1: Kunjungi situs web layanan elektronik VAHAN.
  • LANGKAH 2: Klik “Kenali Kendaraan Anda”.
  • LANGKAH 3: Masukkan nomor registrasi kendaraan saat diminta, serta kode verifikasi.
  • LANGKAH 4: Klik tombol “Cari Kendaraan”.
  • LANGKAH 5: Lihat tanggal kedaluwarsa asuransi yang sekarang akan terlihat, bersama dengan detail relevan lainnya dari kendaraan Anda.

Opsi 3: kode QR

Memeriksa status asuransi mobil Anda melalui kode QR adalah cara termudah untuk melakukannya. Otoritas Pengembangan dan Regulasi Asuransi (IRDA) telah mewajibkan setiap polis asuransi mobil untuk memiliki kode QR yang sesuai dengan perincian yang diperlukan. Anda dapat menggunakan ponsel cerdas Anda untuk memindai kode QR dan melihat semua detail yang relevan dari polis asuransi Anda.

Pemeriksaan Status Polis Asuransi Kendaraan Bermotor Offline: Menghubungi Kantor Perhubungan Daerah

Baca juga  Alasan Perusahaan Asuransi Dapat Menolak Klaim Asuransi Kendaraan Anda

Jika opsi online tidak tersedia untuk Anda, Anda dapat memeriksa status asuransi Anda dengan mengunjungi atau menghubungi kantor RTO. Anda akan perlu untuk memberikan nomor registrasi kendaraan Anda untuk yang diperlukan.

Kesimpulan

Ada beberapa cara untuk mengecek status polis asuransi kendaraan Anda, mulai dari berbagai forum online hingga menghubungi langsung Kantor Perhubungan Daerah (RTO). Dengan mengetahui langkah-langkah yang relevan untuk setiap proses, itu dibuat sederhana dan dapat diakses oleh Anda. Penting untuk mengingat tanggal kedaluwarsa polis asuransi mobil Anda. Pastikan untuk mengatur timer atau pengingat dari beberapa jenis. Penyedia asuransi memahami bahwa mudah untuk melupakan tanggal tersebut karena kehidupan kita yang sibuk dan serba cepat, sehingga mereka memberikan masa tenggang kepada klien mereka. Anda masih dapat memperbarui asuransi Anda 90 hari setelah habis masa berlakunya. Namun, jika ada penundaan setelah periode ini, polis akan kedaluwarsa dan akumulasi BCN juga akan hilang. Jika ini terjadi, polis asuransi tidak dapat diperpanjang lagi. Klien harus membeli polis baru dan mengulang prosedur inspeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *