Ini Syarat Terbaru Prakerja Gelombang 18, Peserta Lolos Bisa Dapat Rp 13,5 Juta!

Kabar baik.. Kartu Prakerja gelombang 18 akan dibuka dalam waktu dekat , dilansir laman prakerja.go.id gelombang 18 akan dibuka paling cepat akhir Juni dan selambat-lambatnya bulan Juli 2021.  Bagi yang belum berhasil lolos di gelombang-gelombang sebelumnya, masih ada kesempatan untuk bisa mendaftar kartu prakerja gelombang 18, tentu saja untuk link pendaftaran kartu prakerja hanya ada di situs resminya www.prakerja.go.id.

Kabar baiknya, untuk prakerja gelombang 18 ini ada beberapa hal yang baru. Jika biasanya peserta yang lolos hanya mendapatkan bantuan sebesar Rp. 3,55 juta untuk gelombang 18 ini, peserta lolos seleksi bisa mendapatkan tambahan dana Rp. 10 juta, sehingga total bisa mengantongi uang Rp. 13,5 juta (termasuk insetif untuk pembelian pelatihan).

Lantas Bagaimana Cara Mendapatkan Bantuan Kartu Prakerja Gelombang 18 hingga Rp. 13,5 Juta?

Seperti kita ketahui, Kartu Pra Kerja Gelombang 17 sudah ditutup dan diumumkan sejak 7 Juni 2021 yang lalu, untuk gelombang ke 18 ini, sama seperti gelombang 17 yaitu diprioritaskan bagi peserta yang belum lolos di gelombang sebelumnya. Untuk kuota Kartu Pra Kerja Gelombang 18 ini pun kuotanya tidak terlalu banyak, karena mengambil slot kuota yang tidak dipakai oleh peserta sebelumnya, yaitu peserta yang gagal membeli pelatihan dan status keanggotannya menjadi gosong.

Kuota peserta kartu Pra Kerja gelombang 18 ini dikatakan oleh Menko Perekonomian kurang lebih sebanyak 5,5 juta. Pasalnya, jatah kuota untuk tahun 2021 adalah sebanyak 8,2 juta dan telah terisi sebanyak 2,7 melalui gelombang 17 kemarin. Menariknya, ada tambahan insentif sebesar 10 juta bagi yang lolos Kartu Pra Kerja gelombang 18 dengan syarat dan ketentuan berikut ini :

Syarat terbaru daftar Kartu Prakerja gelombang 18:

»

  1. Status WNI dan sudah berusia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menjalani pendidikan formal (baik itu kuliah atau sekolah) .
  3. Sedang mencari kerja, pekerja yang sedang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  4. Tidak berstatus sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lainnya selama pandemi COVID-19.
  5. Penerima kartu Prakerja Maksimal hanya 2 NIK dalam 1 KK

Cara daftar Kartu Prakerja gelombang 18 yang akan segera dibuka:

  1. Buka situs resmi www.prakerja.go.id (jangan percaya link selain ini)pada browser handphone atau laptop/komputer.
  2. Siapkan nomer Kartu Keluarga (KK) serta NIK KTP kamu, masukkan data diri sesuai KTP, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pendaftaran Prakerja Gelombang 18.
  3. Siapkan nomer HP aktif untuk melakukan verifikasi pendaftaran, jangan lupa foto KTP dengan HP dan diupload ketika sedang mendaftar
  4. Ikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online (isi sesuai dengan kenyataan).
  5. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka.
  6. Berdoa dan Menunggu pengumuman lolos seleksi kartu Prakerja Gelombang 18 yang akan diumumkan melalui SMS

Cara Mendapatkan Bantuan Kartu Prakerja Sebesar Rp. 13,5 Juta

Kabar gembira bagi yang belum ikut Prakerja, atau yang belum lolos di gelombang sebelumnya, untuk Gelombang 18 ini ada tambahan insentif. Jika sebelumnya bantuan Prakerja hanya sebesar Rp. 3,55 juta namun perlu di ketahui, untuk gelombang 18 ini peserta yang lolos bisa mendapatkan tambahan Rp. 10 juta. Sehingga total menjadi Rp. 13,5.

Adapun untuk tambahan Rp. 10 juta merupakan modal pinjaman berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sehingga peserta yang lolos kartu Prakerja akan mendapat kemudahan dalam pengajuan KUR. Program ini juga telah disampaikan oleh Menko Perekonomian. Nantinya peserta yang lolos bisa mengajukan bantuan modal hingga Rp. 10 juta, dan pasti akan di acc. KUR Super Mikro bagi peserta Kartu Prakerja sendiri diberikan bagi yang berminat untuk berwirausaha usai mengikuti pelatihan.

Jadi, bagi peserta yang lolos Prakerja Gelombang 18 dan selanjutnya mengambil program KUR akan mendapat total insentif Rp 13,5 juta, dengan rincian :

  • Insentif bantuan pelatihan Rp. 1.000.000 (hanya bisa digunakan untuk membeli modul pelatihan)
  • Insentif bantuan tunai sebesar Rp. 2,4 juta (diberikan bertahap Rp. 600.000 selama 4 bulan atau 4 kali)
  • Insentif bantuan tunai sebesar Rp. 150.000 setelah berhasil mengisi survey sebanyak 3 kali
  • Bantuan modal pinjaman KUR maksimal Rp. 10 juta dengan bunga rendah

2 comments

  1. Saya ingin daftar Prakerja,Kemarin saya SDH daftar SDH lolos tapi belum ada khabarnya sama sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *